Selasa, 12 Agustus 2014

Monumen Simpang Lima Gumul - Tempat Wisata di Kediri

Tempat Wisata di Kediri 

Wisata Simpang Lima Gumul Kediri di Malam Hari
Wisata Simpang Lima Gumul Kediri di Malam Hari
Anda pernah tahu tidak monument di perancis yang terkenal bernama L’arch D’ Triomphe? Tau giman bentuk keindahannya monument itu? Sekarang kamu tidak perlu jauh – jauh tau keindahan monument itu karena sekarang ada di Kediri, ya monument Kediri yang bentuknya menyerupai L’arch D’Triomphe yang ada di perancis sekarang berada di tengah – tengah persimpangan lima gumul – Kediri yang menjadi lambang pengembangan kawasan simpang lima gumul. Simpang lima gumul menjadi kawasan kota baru di kabupaten Kediri.

Monumen Kediri yang terletak di simpang lima gumul ini merupakan ikon kabupaten Kediri. Lokasinya monumen Kediri ini berjarak kurang lebih 10 menit dari kota kediri atau kurang lebih 2,5 jam dari bandara juanda Surabaya. Simpang lima gumul di proyeksikan menjadi kota baru dan pusat perdagangan jawa timur bagian barat. Kini di sekitar monument tersebut mulai melengkapi diri dengan convention hall dan gedung serbaguna, bang daerah, terminal bus antar kota dan sarana rekreasi megah water park Gumul Paradies Island.

Detail Bangunan

Wisata Simpang Lima Gumul Kediri di Pagi Hari
Wisata Simpang Lima Gumul Kediri di Pagi Hari
Monument yang memiliki luas bangunan 804 meter persegi, di tumpu 3 tangga 3 meter dari dasar pura. Dan tinggi 25 meter sehingga jika kita berada di atap monument kita dapat menyaksikan seluruh panorama Kediri dari sana. Proyeksi pengembangan kawasan perdagangan ini yang secara keseluruhan seluas 37 Ha. Disisi monument terpahat relif – relif tentang sejarah Kediri hingga kesenian dan kebudayaan yang ada sekarang, yang unik lagi tempat parker dengan monument ini terhubung jalan yang berada di dalam tanah loh. Angka luas dan tinggi monument juga mencerminkan tangga, bulan dan tahun hari jadi kabupaten Kediri, 25 maret 804 masehi.

Kawasan ini tidak akan penah sepi dengan pengunjung di malam hari dengan bersantai di area monument ataupun melakukan kegiatan seperti belajar teater, bermain di tempat bermain dan banyak lagi kegiatan yang dapat kita lakukan di sana. Di monument simpang lima ini juga banyak penjual kuliner tradisional loh yang berjualan berjejer di area pasar tugu.