Selasa, 01 Juli 2014

Gunung Kelud - Tempat Wisata di Kediri


Disini saya akan menceritakan tentang Wisata Kediri selanjutnya yaitu gunung kelud. Secara administrative terletak di perbatasan kabupaten Kediri, kabupaten blitar, kabupaten malang. Punyaknya berada pada ketinggian 1717 meter dpal. Puncak kawah gunung ini terletak di kecamatan ngancar, kabupaten Kediri.

Wisata Kediri gunung kelud pernah menjadi rebutan oleh kabupaten blitar dan kabupaten Kediri karena wisata Kediri ini menghasilkan banyak pundi – pundi uang dengan keindahannya. Tetapi gunung kelud merupakan gunung yang masih aktif, selama seratus tahun terahir ini sudah tercatat letusan hamper 40 kali.

Sejarah Letusan

Letusan terbesar dalam catatan sejarah sejak seribu tahun lalu terjadi pada tahun 1586 dimana waktu itu terjadi hamper semua karakter erupsi. Menurut buku data dasar gunung api di Indonesia jumlah korban diperkirakan mencapai 10.000 orang. Bayangkan saja pada tahun itu tentunya jumlah penduduk masih sangat sedikit, tetapi mampu menelan jumlah korban sangat banyak.

letusan gunung kelud
letusan gunung kelud
Menurut pak miko, seorang pegawai di IAGI menulis bahwa wilayah Gunung Kelud dibagi atas beberapa daerah yaitu daerah terlarang( radius 5 km ) dengan ancaman hujan bom dan rempah – rempah batuan, awan panas, lahar letusan dan lahar hujan. Daerah bahaya I (pada radius 10 km) dengan ancaman hujan bom dan rempah – rempah batuan, wilayah ini tercatat dihuni oleh 136.500 orang dan selanjutnya baerah bahaya II yang ancamannya lahar sekunder, daerah ini meliputin bantaran sungai – sungai lahar yang luasnya 56 km2.



Anak Gunung Kelud Kediri
Anak Gunung Kelud Kediri
Akibat adanya peningkatan aktifitas vulkanisme pada tanggal 13 februari 2014. Status gunung kelud dinaikkan menjadi siaga dengan radius steril pada 5 km dari kawah. Dengan tidak ada aktifitas warga pada radius itu sehingga wisata Kediri gunung kelud di tutup. Melalui siaran pres badan PVMB menyatakan bahwa letusan Gunung Kelud di jawa timur kemungkinan akan lebih besar daripada letusan yang terjadi tahun 1990 dan ternyata benar letusan saat itu yang berupa lontaran vulkanik mencapai 17 km jauh lebih tinggi dari letusan pada tahun 1990 yang hanya mencapai 8 km.

Kondisi Sekarang

Wisata kediri Gunung kelud telah berubah setelah letusannya pada November 2007. Aktifitas puncak Gunung Kelud muncul kubah dari danau. Saat ini dengan kubah lavanya, gunung kelud terlihat lebih cantik daripada sebelumnya. Kubah ini terlihat bagaikan anak dari gunung kelud. Sangat menarik dan harus anda lihat keindahanya.

Gunung Kelud Kediri
Gunung Kelud Kediri
Pengunjung kawasan wisata Kediri gunung kelud yang terletak di wilayah kecamatan ngancar kabupaten Kediri makin dimanjakan dengan berbagai alternative saran dan  permainan. Jika sebelum gunung kelud meletus, pengunjung disuguhi panorama kawah di puncak kepundan denga air yang berwarnya hijau pada tahun 2007 lalu gunung kelud bagaikan berubah bentuk dan membuat pengunjung terpanah dengan tampil bedanya wisata Kediri ini. Kali ini Pemerintah Kediri melalui kantor pariwisata dan seni budaya kembali menambah permainan di gunung kelud yang merupakan  icon wisata Kediri yaitu gantungan luncur atau sering di sebut flying fox. Bukan itu saja loh banyak desas – desus yang mengatakan dalam waktu dekat di wisata Kediri gunung kelud akan menambahkan wahana bermain berupa ATV.

ATV ini adalah sejenis kendaraan dengan kemudi seperti sepeda motor tetapi dengan roda 4 nya. Kendaraan ini memang dirancang untuk offroad. Jika benar adanya maka gunung kelud semakin lengkap dengan nuansa petualangan, hal ini cocok dengan kawasan gunung kelud yang penuh petualangan. Wisata Kediri tidak hanya diminati oleh wisatawan local loh ternyata wisatawan asing juga berminati dengan pesona keindahan gunung kelud.

Jalan menuju wisata gunung kelud
Jalan menuju wisata gunung kelud
Selain keindahan kawahnya yang kini menjadi anak gunung kelud, gunung kelud juga menyajikan keindahan lain yaitu fenomena mysterious road yang bikin penasaran. Mysterious road ini adalah dimana saat kita menghentikan atau mematikan kendaraan kita tetapi kendaraan kita tetap berjalan meskipun di jalan yang menanjak, oowww.. amazing.. dikatakan mysterious road terjadi karena ada kandungan magnet yang membuat mobil ataupun benda – benda lain yang berjalan bisa berjalan sendiri tampan dikendalikan oleh pengemudinya. Air yang di tuang diatas jalan ini juga tidak akan mengalir ke bawah.